Jumat, 21 Oktober 2016

Gejala Penyakit Maag

Ciri-ciri awal orang terkena penyakit maag -
Sebagian besar penderita penyakit maag baik maag kronis ataupun maag akut saat ini disebabkan oleh adanya faktor psikis seperti stress, merasakan cemas berlebihan atau pola makan yang kurang sehat dan tidak teratur, mengkonsumsi makanan pedas atau bahkan merokok.
Dalam bahasa ilmiah maag disebut juga dengan Gasitris yaitu suatu penyakit yang menimpa lambung dan memberikan efek kurang berfungsinya lambung secara maksimal dalam melakukan tuganya mencerna makanan. Jika penyakit maag menimpa seseorang maka penderita sakit maag akan merasakan sakit pada bagian perut, perih dan juga perasaan mulas, sakit ini dikarenakan pada area sekitar lambung mengalami peradangan dan terjadinya luka.

Gejala penyakit Maag
Untuk menghindari dari penyakit maag bisa dengan mengetahui pemicu dari datangnya penyakit maag seperti dengan menjaga pola makan sehat. Di sini kami akan memberikan beberapa ciri-ciri atau gejala yang sering muncul pada seseorang yang mengalami penyakit maag:

  1. Perut kembung, gejala penyakit maag yang sering muncul adalah perut kembung. Perut kembung ini diakibatkan oleh lambung yang didalamnya terdapat banyak gas.
  2. Mual dan muntah, yang sering di rasakan oleh penderita maag jika seseorang mengalami hal seperti ini bisa jadi ini merupakan salah satu ciri penyakit maag.
  3. Sering sendawa, akibat gas yang dihasilkan lambung, seseorang menjadi sering bersendawa. Seringnya sendawa ada kemungkinan bahwa seseorang tersebut menderita penyakit maag.
  4. Perut sering lapar, jika seseorang tidak menjaga pola makan secara teratur biasanya orang tersebut akan mudah merasakan lapar, ciri ini juga merupakan salahsatu dari gejala penyakit maag.
Gejala Maag pada orang Dewasa


Penyakit maag disebabkan oleh peradangan di dinding lambung, banyak orang keliru jika penyakit maag sama dengan penyakit asam lambung. Berbeda dengan penyakit asam lambung karena jika penyakit asam lambung melemahnya otot lambung sehingga asam lambung bisa naik sebab ada bagian lambung yang tidak tertutup. Tetapi penyakit asam lambung pun bisa memicu terjadinya penyakit maag, karena jumlah asam lambung yang meningkat di kala penyakit tersebut sedang kambuh. orang dewasa lebih cenderung lebih mudah menderita penyakit maag karena gaya hidup yang di jalani bisa menyebabkan peradangan pada lambung, baik dari makanan atau pun dari kebisaan buruk yang di lakukan.


Penyebab orang dewasa bisa menderita penyakit maag pun bisa dikarenakan konsumsi obat obatan. Karena kerusakan pada lambung pun bisa dikarenakan kesehatan lambung yang bermasalah akibat menggunakan obat kimia. menggunakan obat jangka lama bisa menyebabkan penyakit maag. Banyak orang dewasa yang sakit sedikit saja langsung menggunakan obat kimia padahal bisa disembuhkan tanpa obat jika beristirahat yang cukup. Obat yang bisa menyebabkan penyakit maag yaitu jenis obat yang di gunakan untuk menghilangkan rasa sakit atau pun demam. Ada gejala maag pada orang dewasa yang mengganggu jika sedang kambuh.Berikut ciri-ciri gejala pada orang dewasa:


  • Mual dan muntah, gejala maag pada orang dewasa yang biasanya terjadi pertama kali yaitu akan menyebabkan mual dan muntah. Mual dan muntah sebab asam lambung bisa ikut naik juga pada saat maag sedang kambuh, sehingga keadaan mulut juga akan pahit pada gejala maag.
  • Perut kembung, pada saat sakit maag maka bisa ada banyak udara yang terjebak masuk di dalam perut, dan karena itu perut akan kembung. Gejala maag pada orang dewasa yang menyebabkan perut kembung akan sering dialami ketika maag sedang kambuh dan tidak akan membuat nyaman. Terkadang gejala maag pada orang dewasa juga disertai sendawa juga.
  • Nyeri perut, keadaan lambung yang memiliki luka ketika menderita maag akan menyebabkan gejala maag pada orang dewasa berupa sakit perut atau perut akan terasa nyeri. Biasanya jika sudah parah sakitnya bisa tidak tertahankan dan dirasakan juga dibagian ulu hati sehingga kondisi ini bisa sangat menyiksa apabila sedang kambuh.
  • Diare, gangguan pada pencernaan bisa terjadi juga jika maag sedang kambuh, maka dari itu salah satu gejala maag pada orang dewasa juga akan ada diare. Jika luka lambung sudah semakin parah maka feses yang dikeluarkan bisa berwarna hitam.
  • Hilang nafsu makan, karena gejala maag pada orang dewasa juga bisa menyebabkan mual dan muntah dan mulut terasa pahit sehingga nafsu makan pun juga akan menghilang ketika maag sedang kambuh.
  • Sesak nafas, gejala maag pada orang dewasa yang sudah sangat parah atau kondisi dimana lambung memiliki luka yang sangat parah akan menyebabkan sesak nafas. Maka dari itu hati hati juga karena gangguan pernafasan ini berbahaya.
Lalu bagaimana cara mengobati penyakit maag? Dalam kenyataanya semua penyakit dapat disembuhkan karena semua penyakit ada obatnya, maka dari itu selain melakukan usaha pengobatan, Anda juga harus melakukan langkah-langkah pencegahan agar penyakit maag tidak bertambah parah. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar