Kamis, 27 Oktober 2016

Nyeri Lutut pada Orang Tua

Pernahkah anda mendengar Orang Tua anda mengeluhkan nyeri lutut? Kali ini Semut Sewot akan membahas penyebab nyeri lutut pada orang tua.

Beberapa penyebab Nyeri Lutut pada orang tua:

  • Nyeri Lutut yang disebabkan oleh Cedera atau trauma
Cedera pada lutut dapat mempengaruhi salah satu atau beberapa bagian lutut seperti ligamen, tendon atau kantung berisi cairan (bursae) yang mengelilingi sendi lutut, serta tulang, tulang rawan dan ligamen yang membentuk sendi lutut itu sendiri. Cedera yang berupa terkilir dan memar paling sering terjadi selama olahraga tetapi mungkin juga terjadi selama gerakan tiba-tiba atau mendadak, terjatuh, atau kecelakaan lalu lintas.

  • Nyeri lutut akibat rusaknya menisci
Menisci adalah lapisan tipis tulang rawan yang terletak antara tibia dan femur. Bentuknya menyerupai bulan sabit atau cakram, jaringan ikat ini menyerap sebagian besar tekanan pada anggota gerak bawah, namun suatu ketika dapat robek jika terjadi tekanan yang terlalu kuat pada lutut, akibatnya tentu terasa sangat sakit pada lutut.

  • Tendinitis
Tendinitis merupakan peradangan pada tendon lutut yang ditandai dengan kemerahan sekitar lutut dan terasa nyeri bila disentuh. Kegiatan yang memerlukan gerakan berulang pada sendi lutut dapat meningkatkan risiko tendinitis ini. Selain itu kurangnya pemanasan sebelum latihan dan kondisi medis seperti arthritis juga dapat menyebabkan nyeri lutut tendinitis ini.
  • Osteoarthritis (OA)
Osteoarthritis (OA) atau pengapuran sendi merupakan masalah radang sendi yang seringkali berulang pada sendi tertentu termasuk lutut. Wanita di atas usia 55 tahun memiliki risiko tertinggi untuk terjadinya pengapuran sendi. Kondisi ini menyebabkan rasa sakit akibat hilangnya tulang rawan, sehingga menyebabkan tulang bergesekan dan menghasilkan rasa sakit yang luar biasa terutama ketika lutut  digerakkan.
  • Gout dan Pseudogout
Gout merupakan radang sendi yang terjadi ketika kristal asam urat menumpuk pada sendi. Gout ini paling sering mempengaruhi jempol kaki, juga dapat terjadi pada lutut. Sedangkan pseudogout disebabkan oleh kristal kalsium pirofosfat yang terbentuk pada cairan sendi. Lutut merupakan sendi yang paling sering dipengaruhi oleh pseudogout ini.
  • Bursitis
Bursae yang meradang dapat menyebabkan nyeri lutut pada beberapa orang. Bursae merupakan kantong-kantong kecil yang berisi cairan untuk melumasi tendon pada sendi pinggul, bahu, dan lutut agar dapat bergerak bebas di sepanjang sendi.

Itu dia sekilas dari penyebab nyeri lutut yang mungkin di alami oleh orang tua anda, semoga bermanfaat jangan lupa baca juga Obat Herbal Nyeri Lutut dan Sendi
Beberapa Penyebab Nyeri Lutut yang Harus Diketahui Nyeri lutut merupakan penyakit nyeri sendi yang sering dikeluhkan oleh orang tua, dewasa, maupun anak-anak. Nyeri sendi lutut dapat terjadi segera setelah mengalami trauma atau cedera, atau mungkin muncul sebagai akibat dari penyakit sendi yang kronis. Melalui artikel ini mari kita ketahui beberapa penyebab nyeri lutut yang mungkin sedang Anda alami. Pada orang yang berusia lanjut penyebab tersering nyeri lutut merupakan masalah medis yang kronis seperti pengapuran sendi lutut yang secara medis disebut osteoarthritis (OA) yang umumnya akibat proses penuaan, atau dikarenakan pengendapan kristal asam urat yang dikenal dengan penyakit Gout, namun ada juga kemungkinan penyebab lainnya. penyebab nyeri lutut ilustrasi nyeri pada lutut Lebih legkap berikut Beberapa penyebab nyeri lutut yang harus Anda ketahui. Nyeri Lutut yang disebabkan oleh Cedera atau trauma Cedera pada lutut dapat mempengaruhi salah satu atau beberapa bagian lutut seperti ligamen, tendon atau kantung berisi cairan (bursae) yang mengelilingi sendi lutut, serta tulang, tulang rawan dan ligamen yang membentuk sendi lutut itu sendiri. Cedera yang berupa terkilir dan memar paling sering terjadi selama olahraga tetapi mungkin juga terjadi selama gerakan tiba-tiba atau mendadak, terjatuh, atau kecelakaan lalu lintas. Nyeri lutut akibat rusaknya menisci Menisci adalah lapisan tipis tulang rawan yang terletak antara tibia dan femur. Bentuknya menyerupai bulan sabit atau cakram, jaringan ikat ini menyerap sebagian besar tekanan pada anggota gerak bawah, namun suatu ketika dapat robek jika terjadi tekanan yang terlalu kuat pada lutut, akibatnya tentu terasa sangat sakit pada lutut. Tendinitis Tendinitis merupakan peradangan pada tendon lutut yang ditandai dengan kemerahan sekitar lutut dan terasa nyeri bila disentuh. Kegiatan yang memerlukan gerakan berulang pada sendi lutut dapat meningkatkan risiko tendinitis ini. Selain itu kurangnya pemanasan sebelum latihan dan kondisi medis seperti arthritis juga dapat menyebabkan nyeri lutut tendinitis ini. Bursitis Bursae yang meradang dapat menyebabkan nyeri lutut pada beberapa orang. Bursae merupakan kantong-kantong kecil yang berisi cairan untuk melumasi tendon pada sendi pinggul, bahu, dan lutut agar dapat bergerak bebas di sepanjang sendi.
Bersumber dari: Beberapa Penyebab Nyeri Lutut yang Harus Diketahui | Mediskus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar