Jumat, 21 Oktober 2016

Penyebab Penyakit Maag

Penyakit Maag atau tukak lambung merupakan penyakit infeksi yang di sebabkan oleh bakteri yang di sebut Helicobacterylori. Bakteri tersebut memiliki dinding sel membran yang berselubung lipida. Penyakit Maag juga muncul karena pola makan yang tidak teratur dan gaya hidup yang kurang sehat.

Ada berbagai penyebab penyakit maag,di antaranya :
  1. Makan yang tidak teratur atau telat makan. Biasanya menunggu hingga rasa lapar,dan langsung makan pada porsi yang banyak.
  2. Penyebab maag juga bisa di sebabkan oleh bakteri yang bersarang di dalam lambung,bakteri itu di sebut Helicobacterylori. Bakteri itu hidup di bawah selaput lendir dinding bagian dalam lambung. Sedangkan fungsi selaput lendir ini sebagai pelindung dari kerusakan dinding lambuing akibat produksi asam lambung. Infeksi yang diakibatkan bakteri Helicobater Pylori ini menyebabkan peradangan pada dinding lambung yang disebut dengan Gastritis.
  3. Perokok juga bisa menyebakan maag karena lebih banyak merokok di banding makan-makanan bergizi.
  4. Kurangnya istirahat,Kurang bisa memanfaatkan waktu istirahat dan makan, sehingga penyakit lambung bisa datang tiba-tiba.
  5. Stress juga bisa mengakibatkan penyakit lambung semakin parah dari yang sebelumnya.
  6. Sering mengkonsumsi makanan yang berselera pedas dan asam. Minum-minuman yang mengandung alkohol pdan kafein seperti kopi. Hal itu dapat meningkatkan produsi asam lambung berlebihan hingga akhirnya terjadi iritasi dan menurunkan kemampuan fungsi dinding lambung.
  7. Timbulnya efek samping dari obat-obatan tertentu.
Penyebab maag seperti yang sudah di sebutkan di atas merupakan penyebab yang paling sering di alami oleh banyak orang.
Suatu penelitian juga menunjukkan bahwa perkembangan bakteri pada lambung akan mengalami peningkatan yang tajam pada mereka yang kebanyakan mengonsumsi kopi lebih dari tiga cangkir dalam sehari. Dan selain itu juga merokok setelah sahur atau saat berbuka bisa menyebabkan kenaikan produksi pada asam lambung.

Penyebab Maag pada orang Dewasa

Penyakit Maag itu bisa di alami siapa saja, karena tidak sedikit penyebab maag pada orang dewasa khususnya. Berikut beberapa penyebab maag pada orang dewasa :
  • Bakteri, penyebab maag pada orang dewasa bisa dari bakteri bahkan bakteri menjadi penyebab maag pada orang dewasa. Karena infeksi pada bakteri bisa mengiritasi lambung, sebab iritasi lambung akan menyebabkan gangguan kesehatan yang akan menyebabkan luka di dalam lambung. Bakteri masuk ke dalam lambung dengan mudah apabila daya tahan tubuh sedang lemah, maka dari itu dengan mudahnya bakteri masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan infeksi pada lambung.
  • Obat obatan,yang menjadi penyebab maag pada orang dewasa bisa di akibatkan oleh obat. Menggunakan obat-obatan dari bahan kimia bisa menyababkan gangguan kesehatan tubuh karena efek samping yang di dapatkan dari obat kimia tersebut dan bisa menyebabkan gangguan kesehatan pada lambung.
  • Alkohol, penyebab maag pada orang dewasa selain obat dan juga bakteri bisa dari kandungan yang sering di konsumsi. Seperti alkohol merupakan minuman yang tidak sedikit orang dewasa yang mengkonsumsinya. Minum alkohol terlalu banyak dan di lakukan cukup sering bisa memiliki efek samping luka pada lambung atau pun menyebabkan kerusakan pada organ liver. Maka dari itu alkohol bisa menjadi penyebab maag pada orang dewasa dan juga penyebab liver. Penyebab maag pada orang dewasa sebenarnya juga bisa dari minuman bersoda atau pun minuman mengandung kafein jika di konsumsi terlalu sering.
  • Makan tidak teratur,bisa menyabkan luka pada lambung juga salah satunya dari pola makan. Orang yang melakukan pola makannya tidak teratur lebih besar resikonya mengalami penyakit maag.
  • Rokok, jika tidak ingin mengalami masalah pada kesehatan lambung, maka sebaiknya tidak merokok, sebab rokok pun menjadi penyebab maag pada orang dewasa juga. menjadi perokok aktif bisa memiliki luka pada lambung yang dampaknya akan menyebabkan adanya luka di lambung. Oleh sebab itu merokok tidak baik di lakukan karena ada banyak gangguan kesehatan yang bisa disebabkan oleh rokok.
  • Stress, penyebab maag pada orang dewasa pun bisa akibat dari stress, orang dewasa cenderung lebih tinggi menderita stress karena banyak masalah pribadi maupun masalah pekerjaan yang membuat stress. Dan stress bisa mengganggu kesehatan fisik juga yang salah satunya dapat menyebabkan maag. Oleh sebab itu kelola stress dengan baik agar tidak akan mengalami stress yang berujung pada gangguan kesehatan tubuh lainnya.
Akibat Penyebab Maag - Makanan yang masuk ke tubuh kita banyak mempengaruhi pada kondisi lambung,telat makan sebentar saja penyakit maag  pun akan datang sewaktu-waktu. Ada banyak juga makanan yang bisa mempengauhi penyakit maag salah satunya makanan yang di goreng karena makanan yang di goreng banyak mengandung lemak yang sangat tinggi dan ini bisa menjadi pemicu penyakit maag. Dan bagi anda pecinta kopi,sebelum anda meminum kopi sebaiknya perut anda terlebih dahulu dengan makanan yang berserat dan mengandung karbohidrat. Karena kebanyakan orang banyak yang mengutamakan kopi dari pada makan dan itu akan mengakibatkan perut mulas dan ini bisa di sebut penyebab maag.

MAKANAN PENYEBAB MAAG

Ada beberapa makanan yang menyebabkan maag di antaranya :
  • Minuman dan makanan manis setelah makan besar.
Mengkonsumsi makanan dan minuman manis setelah makan nasi dan lauk pauk akan menghasilkan efek di dalam lambung yang dapat memicu peningkatan keasaman lambung.
  • Kafein
Kopi mengandung kafein kadar tinggi yang memicu produksi asam lambung menjadi lebih banyak. Sebaiknya bagi anda pencinta kopi kurangilah mengkosumsi kopi.
  • Alkohol
Alkohol merupakan jenis minuman yang bersifat asam dan dapat menstimulasi naiknya asam lambung. Selain itu, alkohol melemaskan saluran di bagian bawah esophagus sehingga meningkatkan kadar asam lambung. Alkohol juga memberatkan kerja organ hati (liver).
  • Gorengan
Gorengan tidak hanya makanan kolesterol tinggi, tetapi juga makanan yang memicu produksi asam lambung karena kadar lemaknya tinggi. Hobi makan gorengan juga menyebabkan timbulnya gangguan berupa rasa nyeri di ulu hati, kegemukan, kolesterol hingga penyakit jantung.
  • Minuman Bersoda 
Minuman bersoda merupakan salah satu minuman yang dapat mengganggu lambung. Minuman ini bersifat asam (pH), meskipun rasanya manis. Efek karbonasinya juga membuat perut terasa kembung sehingga perut menjadi tidak nyaman.

Itulah pembahasan kami tentang apa saja penyebab penyakit maag,semoga berguna untuk anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar