Sabtu, 22 Oktober 2016

Sakit Maag pada Remaja

Sakit maag pada remaja sekarang sudah umum untuk di dengar. Remaja lebih cenderung mudah menderita penyakit maag di karenakan pola makan yang tidak teratur dan pola hidup yang tidak sehat dan bisa menyebabkan peradangan pada lambung


Jenis makanan yang bisa menyebabkan Maag 
Berikut ini adalah jenis makanan yang harus di jauhi oleh penderita sakit maag, agar sakit maag anda tidak kambuh :
  • Makanan Pedas 
Jika kamu pecinta pedas,kamu harus merelakan cintamu tidak kesampaian. Karena ini demi kebaikan lambung kamu, makanan pedas seperti cabe dan merica bisa menyebabkan dinding lambung semakin terluka. Jika tidak bisa usahalah sebisa mungkin untuk menguranginya.
  • Makanan yang menimbulkan gas di lambung
Nangka dan kacang-kacangan adalah makanan yang bisa memicu gas di lambung kita saat pencernaan. 
  • Minuman Bersoda
Biasanya anak remaja sekarang sering minuman yang bersoda apalagi setelah panas-panasan. Ternyata itu tidak baik karena minuman yang mengandung soda bisa sangat mungkin membuat gas di lambung meningkat.
  • Mie
Biasanya buat anak kost yang jauh dari orang tua ingin makanan itu yang gampang di dapatkan dan cepat di sajikan seperti mie, Justru makanan berupa mie dan bihun itu menyebabkan sakit maag semakin parah. Maka hindarilah demi kebaikan lambung kamu
  • Makanan berlemak tinggi
Makanan berlemak memang sudah terkenal tidak baik bagi kesehatan karena memicu berbagai penyakit salah satunya Maag. Makanan seperti kue dengan margarin, keju, dan berbagai macam es krim bisa menyebabkan sakit maag.

Tetapi jangan khawatir masih banyak makanan enak yang bisa di makan dan tidak memicu datangnya penyakit,seperti:

  • Kentang rebus
Kentang rebus ini bersifat alkali saat pagi dan dapat menetralisir asam lambung sebelum makan makanan lain. Kentang juga sumber karbohidrat yang memberikan rasa kenyang dalam perut.
  • Bubur Ayam
Saat sakit maag bubur ayam adalah makanan lunak yang amat berguna untuk meringankan rasa sakit.
  • Buah-buahan
Buah-buahan juga bermanfaat untuk mengurangi penumpukan zat asam lambung. Contohnya: Pisang, pepaya,apel,tomat karena mengandung kalium yang baik untuk menyeimbangkan pH (derajat asam) dalam lambung.
  • Permen dan Gula
Aktivitas mengunyah bisa merangsang produksi air liur yang bersifat basa, sehingga mampu menetralisir asam lambung. Jangan makan permen karet karena manfaatnya bisa kebalikannya. Kekenyalan menyebabkan produksi asam lambung meningkat berlebih.

Maka bagi penderita penyakit maag sebaiknya mengatur gaya hidup sehat, seperti mengatur makanan sehari-hari dengan pilihan makanan sehat, pola makan yang teratur, 

Itulah pembahasan tentang apa saja makanan yang bisa menyebabkan maag dan makanan yang baik untuk di konsumsi agar tidak memicu datangnya penyakit maag.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar