Jumat, 11 November 2016

Bahaya Asap Rokok bagi Jantung

Anda perokok? Hampir setiap perokok pada dasarnya sudah mengetahui beberapa bahaya yang bisa disebabkan oleh rokok. Pasti anda juga sudah tidak asing lagi dengan peringatan “dilarang merokok”. Dua kata itu bisa dengan mudah dijumpai dimana saja. Sepertinya tidak mengherankan jika mengingat dampak-dampak negative yang ditimbulkan akibat merokok pada tubuh anda.

Salah satu konsekuensi utama merokok itu dapat mempengaruhi profil lemak. Kadar kolesterol perokok terbukti lebih tinggi daripada kadar kolesterol yang bukan perokok. Selain mengganggu kesehatan tubuh dan paru-paru, rokok juga bisa mengganggu bagi kesehatan jantung. Berikut ini bahaya rokok bagi jantung manusia yang harus anda ketahui :


  • Menimbulkan Kerusakan Jantung
Kandungan rokok ternyata berpengaruh terhadap kesehatan tubuh pemakainya terutama jantung dan paru-paru. Sudah banyak diberitakan di media bahwa merokok itu merupakan salah satu cara mengundang kematian dini. Bukan hanya di media elektronik, namun juga di berbagai media cetak bahkan di sampul  rokok sendiri sudah dilengkapi dengan bahaya- bahaya merokok dan juga akibat yang dapat ditimbulkan dari merokok. Hal ini karena ternyata kandungan berbagai zat dalam rokok mampu merusak organ tubuh manusia.
Baca Juga : Obat Herbal Nyeri Lutut dan sendi
Organ orang perokok terutama jantung dan paru-paru akan berwarna lebih gelap dan juga kotor daripada organ manusia yang bukan perokok.
  • Penyempitan Pembuluh Darah Jantung
Tahukan Anda bahwa berbagai penyakit berat bisa muncul hanya karena akibat dari merokok. Penyakit berat itu bisa menyebabkan kerusakan arteri jantung sebab penyempitan yang dialami oleh arteri tersebut. Akibatnya terjadilah kekurangan oksigen pada jantung sebab aliran darah yang membawa oksigen pada jantung terganggu alirannya. Jantung merupakan pusat kehidupan manusia. Akibatnya detak jantung meemah bahkan terhenti. Jika jantung manusia sudah tidak berdetak, maka matilah manusia tersebut. Namun jika jantung manusia masih dapat berfungsi namun tidak semestinya atau tidak ditempatnya maka hidup manusia pun juga tidak akan normal.

  • Penyakit Jantung Koroner
Merokok terbukti merupakan faktor risiko terbesar untuk mati mendadak.
Risiko terjadinya penyakit jantung koroner meningkat 2-4 kali pada perokok dibandingkan dengan bukan perokok. Risiko ini meningkat dengan bertambahnya usia dan jumlah rokok yang dihisap. Penelitian menunjukkan bahwa faktor risiko merokok bekerja sinergis dengan faktor-faktor lain, seperti hipertensi, kadar lemak atau gula darah yang tinggi.
Perlu diketahui bahwa risiko kematian akibat penyakit jantung koroner berkurang dengan 50 persen pada tahun pertama sesudah rokok dihentikan. Akibat penggumpalan (trombosis) dan pengapuran (aterosklerosis) dinding pembuluh darah.


Sekilas artikel kami tentang apa bahaya Asap Rokok bagi Jantung, semoga bermanfaat!!! 
Sesungguhnya keputusan untuk hidup sehat dan bebas dari asap rokok adalah pilihan yang bisa kita tentukan dan putuskan agar kita bisa selalu sehat dan terhindar dari bahaya penyakit. Rokok sudah menjadi candu yang bisa mengikat kita dalam bahaya dan risiko tinggi akan kematian, sehingga dibutuhkan komitmen dan disiplin tinggi agar dapat terbebas dari kecanduan nikotin.

Posted By: Semut Sewot

Tidak ada komentar:

Posting Komentar