Senin, 07 November 2016

Makanan yang di anjurkan Untuk Penderita Osteoporosis

Kebanyakan orang yang menganggap penyakit Osteoporosis ini adalah penyakit biasa dikarenakan penyakit ini tidak menular dan biasanya hanya menyerang lansia. Namun ternyata osteoporosis juga bisa menyerang orang yang masih muda karena gaya hidup yang berubah dan akibat dari mengkonsumsi obat-obatan tertentu.
Salah satu pencegahan yang dilakukan untuk mencegah osteoporosis yaitu dapat dilakukan dengan cara bergerak. Setiap orang harus mempunyai kesadaran untuk bergerak, baik melakukan aktivitas rumah, ataupun olahraga teratur. Maka dari itu, sangat penting untuk setiap orang bergerak setiap harinya.
Selain harus sering bergerak seperti melakukan olahraga, Asupan makanan yang sehat juga menjadi salah satu faktor yang menjadi pencegah terjadinya osteoporosis.

Berbicara asupan makanan mungkin kali ini Semut Sewot akan mencoba membahas Makanan yang di anjurkan untuk penderita Osteoporosis. Selamat membaca ...

Makanan yang di anjurkan untuk penderita Osteoporosis


Berikut beberapa asupan makanan yang di anjurkan bagi penderita osteoporosis:
  • Susu dan produk susu 
Yogurt, atau susu skim adalah konsumsi wajib bagi anda yang tidak mau terserang osteoporosis. Sebab di dalam makanan tersebut terkandung kalsium dan protein yang memperkuat dan menyehatkan tulang.
  • Kacang. 
Jangan malas makan kacang yang kaya kalsium, magnesium, mangan, dan fosfor. Terutama jenis kacang almond dan pistachio yang merupakan sumber kalsium terbaik.
  • Sayuran. 
Termasuk di dalamnya brokoli, kembang kol, dan bit sebaiknya rutin dikonsumsi setiap hari demi menguatkan tulang.
  • Kurma
Sebab kurma sumber kalsium dan magnesium yang meningkatkan kepadatan tulang tubuh anda.
  • Buah-buahan, 
Misalnya jeruk, jambu, strawberry, pisang, apel dan nanas. Buah-buahan tersebut menyediakan vitamin C yang mampu memperkuat tulang.
  • Sayuran hijau gelap 
Salah satu makanan pelawan osteoporosis. Namun waspadai sayuran bayam. Sebab ternyata di dalamnya ada senyawa oxalate yang ternyata mencegah penyerapan kalsium oleh tubuh.
  • Kacang-kacangan
Kacang kedelai, kacang lima, dan kacang lentil. Semua itu adalah sumber kalsium yang bisa Anda konsumsi demi mencegah osteoporosis.
  • Telur
Selain protein, telur juga salah satu makanan yang mengandung vitamin D alami.
  • Omega-3
Anda bisa menemukannya dalam biji labu, biji rami, atau minyak ikan. Selain osteoporosis, omega-3 juga akan melawan penyakit rematik dan nyeri sendi.
  • Ikan
Terutama yang berminyak seperti salmon, sarden, dan tuna yang kaya akan kalsium dan mineral lainnya.

Dengan membiasakan mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang penyakit osteoporosis dapat dicegah lebih dini,

Baca Juga : Obat Alami penyakit Osteoporosis

Terimakasih telah membaca artikel kami sampai selesai, jangan lupa ikuti terus Semut Sewot karena disini kami tidak akan pernah bosan  memberi informasi tentang kesehatan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar