Selasa, 01 November 2016

Penyebab Sakit Lutut Saat di tekuk

Buat kalian yang sering merasa nyeri saat lutut di tekuk dan di luruskan kali ini si Semut Sewot akan membahas penyebabnya.

Sendi lutut cenderung mengalami cedera karena gerakan konstan yang terjadi. Hal ini dapat menyebabkan sakit, membengkak, dan membatasi pergerakan sendi. Berikut adalah beberapa penyebab sakit pada lutut saat ditekuk:

Penyebab Sakit Lutut saat di tekuk

Cedera pada lutut yang dialami adalah penyebab utama dari sakit lutut saat diluruskan maupun ditekuk. Keseleo dan ketegangan pada otot-otot lutut dapat menyebabkan cedera lutut. Hal ini dapat disebabkan karena kecelakaan, pukulan kuat pada lutut, atau karena gerakan yang tak biasa saat melakukan aktivitas tertentu. Cedera pada umumnya yang menyebabkan sakit pada lutut saat di tekuk adalah:


  • Meniskus lateral
Cedera pada tulang rawan meniskus dikenal dengan istilah meniskus lateral. Sendi lutut terdiri dari tulang paha dan tibia. Di antara dua tulang, terdapat 2 kartilago berbentuk cakram, ini disebut sebagai meniskus. Kartilago ini menyerap kejutan yang diterima saat femur menyerang tibia, selama aktivitas tertentu seperti membawa beban berat. Salah satu kartilago terletak di sisi dalam, dan yang lainnya terletak di sisi luar. Tulang rawan pada sisi luar disebut dengan meniskus lateral. Ketika terjadi cedera pada tulang rawan ini karena gerakan memutar atau terlibat dalam kegiatan menahan beban tertentu, maka disebut dengan meniskus lateral. Luka traumatis pada atlet dan penyakit tulang degeneratif pada usia lanjut adalah beberapa penyebab cedera lutut semacam ini.


  • Sindrom patellofemoral
Sakit di sekitar bagian depan tempurung lutut berulang kali saat menekuk lutut, dapat disebabkan karena ketidaksejajaran dari tempurung lutut atau otot paha yang lemah.


  • Patela tendonitis
Ini adalah cedera pada lutut yang terkait dengan olahraga yang mempengaruhi tendon patela. Tendon ini menghubungkan femur ke tibia. Aktivitas yang melibatkan sering melompat dan terjun, seperti basket, loncat tinggi, lompat jauh, dan permainan lainnya, dapat menyebabkan cedera ini.


  • Cedera ligamen
Cedera ligamen pada lutut akan menjadi hal yang sangat menyakitkan. Kondisi ini sering diamati oleh para atlet, dan dapat menyebabkan nyeri lutut yang ekstrim saat lutut ditekuk dan diluruskan. Ada banyak jenis cedera ligamen, yang meliputi cedera pada ligamen anterior, posterior ligamentum cruciatum, lateral ligamentum (LCL), atau medial ligamen kolateral. Penyebab antara lain adalah terbenturnya lutut terhadap permukaan yang keras atau memutar lutut dengan kaki tertanam kuat di tanah, dan mengalihkan beban dari satu kaki ke kaki yang lainnya secara tiba-tiba.


  • Bursitis
Peradangan pada sendi lutut akibat berlutut, jongkok, atau karena akibat gesekan yang berlebihan, disebut dengan bursitis. Pada dasarnya ada dua jenis bursitis yakni prepatellar bursitis dan infrapatellar bursitis.


  • Osteoartritis
Ini adalah suatu kondisi kronis yang ditandai adanya degenerasi tulang rawan yang melindungi ujung tulang. Kondisi ini akan mengakibatkan gesekan yang berlebihan di antara tulang. Osteoarthritis juga dapat disebabkan oleh obesitas.


  • Rheumatoid arthritis
Rheumatoid arthritis merupakan gangguan kronis dari sistem kekebalan tubuh. Rheumatoid arthritis pada lutut disebabkan oleh peradangan pada membran sinovium. Sinovium yang terdapat dalam tulang rawan sendi, menghasilkan cairan pelumas yang dipakai dalam menjaga sendi agar bekerja dengan optimal. Tidak adanya cairan tersebut akan dapat menyebabkan persendian menjadi rusak.


Berikut di atas adalah penyebab sakit lutut saat di tekuk, disini juga kami rekomendasikan Obat Herbal nyeri lutut dan sendi yang aman untuk dikonsumsi dan sudah terbukti ampuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar