Jumat, 09 Desember 2016

Apakah Penyakit Asma Mematikan?

Banyak sekali orang yang bertanya apakah penyakit asma itu mematikan? Untuk itu, kali ini kami akan mencoba membahasnya.

Mungkin kalian sudah tidak asing lagi dengan komedian Tukul Arwana yang saat ini sudah ditinggal oleh  sang istri untuk selamanya. Hj. Susiana atau yang lebih dikenal dengan sebutan Susi Similikiti. Meninggal pada Selasa, 23 Agustus 2016, pukul 18:00 WIB, kepergian Susi diakibatkan oleh penyakit asma yang merupakan penyakit turunannya.


Asma merupakan penyakit peradangan kronis yang umum terjadi pada saluran napas yang ditandai dengan gejala yang bervariasi dan berulang, penyumbatan saluran napas yang bersifat reversibel, dan spasme bronkus. Secara umum, gejala asma di antaranya batuk, dada terasa berat, dan sesak napas.

Kebanyakan kematian yang disebabkan oleh asma adalah hasil dari gejala-gejala yang menumpuk dan semakin parah. Kematian akibat asma yang terjadi tiba-tiba dan mendadak sangat cukup langka.

Gejala utama asma meliputi sulit bernapas terkadang bisa membuat penderita megap-megap, batuk-batuk, dada yang terasa sesak, dan mengik (suara yang dihasilkan ketika udara mengalir melalui saluran napas yang menyempit). Apabila gejala ini kumat, sering kali penderita asma menjadi sulit tidur.
Seperti yang dikutip dari Dailymail, Dr Martyn Partridge dari National Asthma Campaign mengungkapkan, seringkali kematian akibat asma disebabkan oleh gejala-gejala yang diabaikan dan semakin parah. Ketika itu terjadi, serangan asma akan muncul dalam skala yang parah dan bisa menyebabkan kematian. Sementara kematian mendadak saat terserang asma biasanya karena serangan tersebut membuat orang tak bisa bernapas dan akhirnya berujung pada kematian.
Penyebab asma sendiri memang sangat beragam, yang salah satunya dipengaruhi faktor keturunan. Dan bukan hanya faktor keturunan, penyakit asma juga bisa disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya :

  • Serbuk sari yang berasal dari tanaman
  • Debu rumah, tungau, jamur, bulu pada hewan peliharaan
  • Makanan seperti jenis ikan, telur, serta kacang tanah dan susu sapi serta susu kedelai
  • Zat kimia yang berhubungan dengan lingkungan pekerjaan seperti karet, gas, dan juga logam.
  • Infeksi pada saluran napas yang diakibatkan karena virus, penyakit bronkitis, dan penyakit sinusitis.
  • Penyakit GERD
  • Jenis obat-obatan tertentu yang bisa memicu serangan asma kambuh yakni seperti aspirin dan juga obat yang digunakan untuk membuat tekanan darah tinggi menurun dan untuk fuungsi jantung.
  • Asap rokok, untuk perokok pasif dan perokok aktif.
  • Asap kabut, perubahan yang terjadi pada udara, akibat asap mesin diesel
  • Melakukan olahraga dengan berlebihan
  • Faktor emosi dan stres
  • Dan faktor hormon disaat akan datang menstruasi terutama pada wanita.
Itulah sekilas jawaban yang bisa kami beri untuk kamu, semoga bermanfaat iya guyss. Jangan anggap remeh penyakit asma yang kamu derita karena bisa menyebabkan kematian secara mendadak. Jika sudah mengalami gejala seperti diatas ada baiknya segera berobat ke dokter atau mencoba cara mengatasi asma dengan obat yang berbahan utama teripang emas yang memang sudah diyakinkan bisa memberantas penyakit asma kamu sampai sembuh.

Posted By: Semut Sewot

Tidak ada komentar:

Posting Komentar