Senin, 12 Desember 2016

Bahaya Penyakit Amandel

Apakah kamu penderita penyakit amandel? Apakah kamu tau bahaya apa yang disebabkan oleh penyakit amandel? Jika tidak, mari kita simak penjelasan dibawah ini.
Amandel merupakan salah satu organ tubuh yang berbentuk kelenjar getah bening dengan fungsinya sebagai benteng pertahanan tubuh dari serangan virus serta bakteri lewat hidung serta mulut. 

Penyakit amandel adalah salah satu bentuk radang yang terjadi di amandel. Dan letaknya di pangkal tenggorokan. Penyakit amandel dalam dunia medis disebut dengan tonsilitus yang bisa menimbulkan rasa sakit luar biasa serta akan dirasakan pada daerah tenggorokan.

Penyebab dari penyakit amandel salah satunya adalah oleh banyaknya kuman-kuman yang masuk pada rongga mulut, sehingga munculah amandel di kerongkongan, Penyebab utama dari amandel adalah makanan. Adapun makanan yang biasa menyebabkan amandel contohnya gorengan, makanan pedas, minuman dingin, makanan berminyak, dan semua itu bisa memicu untuk berkembangnya bakteri pada kerongkongan.

Bahaya Penyakit Amandel

  • Menurunnya pasokan oksigen 
Radang amandel yang semakin menerima serangan bakteri dan virus akan membuat tonsil semakin membesar, kondisi ini disebut hypertrofi. Pembesaran tonsil ini akan membuat ruang pernapasan semakin sempit, dampaknya adalah suplai oksigen di dalam tubuh akan semakin sedikit. Kondisi ini akan memperburuk sistem pernapasan.
  • Menurunnya daya konsentrasi
Sedikitnya suplai oksigen di dalam tubuh, yang kemudian akan diikat oleh darah untuk di salurkan ke dalam otak akan membuat fungsi otak bisa menurun. Otak sangat membutuhkan suplai oksigen untuk tetap berfungsi dengan baik, kurangnya oksigen akan mengurangi daya konsentrasi dan daya ingat.
  • Nafsu makan berkurang
Kondisi peradangan amandel akan terasa sangat tidak nyaman. Untuk menelan ludah saja akan terasa nyeri, apalagi makan atau minum. Tidak jarang penderita penyakit amandel merasa tidak nafsu untuk makan. Atau bahkan pola makan kita tidak akan teratur. Penderita amandel berusaha untuk tidak banyak makan saat radang amandel.
Baca Juga : Cara Mengatasi Radang Amandel
  • Kekurangan gizi
Kebutuhan nutrisi yang kurang dalam tubuh, dampak terburuknya adalah tubuh kita akan kekurangan nutrisi. Kebutuhan tubuh akan kalori untuk menjaga stamina tubuh dan zat besi yang di butuhkan darah, akan sangat penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh kita. Jika asupan nutrisi kita kurang maka akan menyebabkan sistem kekebalan tubuh kita menurun. Kondisi ini akan sangat berbahaya karena peradangan amandel akan semakin membesar.
  • Kondisi Psikologis Terganggu
Penderita akan mengalami pikiran yang berat dan bisa merasa stres dengan apa yang dialami, yang mengganggu psikologis. Sakit amandel bukan penyakit sederhana. Sakit yang dirasakan akan sangat mengganggu ketenangan pikiran. Rasa nyeri yang bisa dirasakan seluruh badan, sakit kepala, menggigil, dan bahkan disertai demam, akan dirasakan penderita sekitar seminggu hingga dua minggu tergantung tingkat keparahan amandelnya.
  • Komplikasi saluran THT
Jika radang amandel semakin kronis yang artinya sudah sangat membesar dan bahkan hampir menyumbat sistem pernapasan maka akan berpotensi terjadinya komplikasi pada saluran THT lainnya. Jika sudah begini maka diperlukan tindakan medis yang pada umumnya akan dilakukan pembedahan.

Itulah sekilas mengenai bahaya yang ditimbulkan oleh penyakit amandel, semoga menjadi manfaat bagi kamu yang menderita penyakit amandel.

Posted By: Semut Sewot

1 komentar:

  1. This is the most interesting information and fit into our topic. bahaya penyakit amandel I want to share it with my friends Obat Amandel Herbal

    BalasHapus