Senin, 26 Desember 2016

Bahaya Sakit Asam Lambung Saat Kehamilan

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan pembahasan mengenai Bahaya sakit asam lambung saat kehamilan. Semoga artikel pada postingan ini merupakan sesuatu yang sedang anda cari saat ini.

Asam Lambung Pada Saat Kehamilan


Asam lambung bisa saja menyerang siapapun, tidak terkecuali juga ibu hamil. Anak-anak, remaja, hingga orang tua mempunyai peluang yang sama untuk kemungkinan terkena asam lambung. Pada saat melakukan pencernaan, makanan akan berjalan mengarah ke lambung dan melewati saluran esofagus. Pada bagian penghubung antara esofagus dan lambung akan dibatasi dengan katup otot yang bisa untuk membuka dan menutup.


Produksi asam lambung tidak akan mengalami naik hingga ke tenggorokan jika katup otot tertutup. Namun, untuk ibu hamil kondisinya berbeda, katup otot akan lebih sering terbuka dikarenakan oleh pengaruh hormon dan ini sangat dimungkinkan sekali asam lambung naik ke kerongkongan.

Asam lambung naik juga bisa dikarenakan oleh faktor dorongan dari berkembangnya janin dalam perut ibu hamil dan ini biasa terjadi pada trimester yang kedua dan juga ketiga. Ini sangat menjadikan ibu hamil rentan kena asam lambung. 

Asam lambung sebetulnya baik juga untuk tubuh. karena asam lambung ini merupakan sebagai alat untuk membunuh bakteri pada makanan yang masuk ke dalam tubuh dan juga mempunyai fungsi sebagai penstabil zat gula. Namun juga harus diwaspadai kalau asam lambung yang terlalu banyak bisa sangat berbahaya.

Gejala Asam Lambung Pada Saat Kehamilan

  • Rasa nyeri seperti terbakar menjadi tanda yang paling umum dari tukak lambung. Rasa sakit dari ulkus peptikum itu dirasakan dari tulang dada hingga ke pusar anda. Rasa sakit bisa berlangsung beberapa menit atau beberapa jam serta bisa datang dan pergi begitu saja. Serangan ini akan menjadi lebih buruk pada malam hari atau saat perut anda kosong. Anda bisa mencari bantuan dengan makan makanan atau meminum obat yang bisa mengurangi asam dalam perut.
  • Muntah darah dan asam dari perut merupakan tanda pasti dari ulkus lambung, Jika sampai seperti ini anda harus segera periksa ke dokter
  • Mual dan muntah menjadi tanda asam lambung naik. Muntah sering terjadi untuk meringankan rasa mual yang dialami penderita tukak lambung
  • Lihatlah kotoran anda. Tinja penderita tukak lambung bisa berwarna hitam atau seperti berdarah. Asam lambung yang berdarah dan tidak diobati bisa menyebabkan anemia dan komplikasi lainnya.

Bahaya Asam Lambung Saat Kehamilan

Penyakit asam lambung sebenarnya bukan penyakit yang berbahaya, tapi dapat membahayakan kalau tidak disiplin dalam hal pola makan. Penderita asam lambung boleh saja hamil tapi pilih obat lambung yang aman untuk janin karena ada tertentu yang tidak boleh diminum oleh ibu hamil karena dapat menyebabkan perdarahan, keguguran.
Baca Juga :  Obat Asam Lambung Alami
Agar asam lambung tidak kambuh, pola makan harus diataru menjadi lebih baik dan disiplin, yang penting lambung itu terisi meskipun sedikit tapi sering (small frequent meal). Hindari makanan yang merangsang lambung seperti makanan pedas, kopi (kafein), makanan pemicu gas seprti nangka, kol. 

Resiko yang bisa ditimbulkan pada janin:
  1. Keguguran
  2. Pertumbuhan janin terganggu
  3. Kecacatan pada janin
  4. Bayi meninggal jika infeksinya cukup parah.
Maka dari itu, penting untuk para ibu hamil yang memiliki riwayat sakit asam lambung untuk mengetahui bahaya sakit asam lambung saat kehamilan. Karena bertujuan untuk menjaga perkembangan janin yang dikandung bilamana asam lambung kambuh secara mendadak.

Terimakasi telah membaca artikel kami sampai selesai, semoga bermanfaat.

Posted By: Semut Sewot

1 komentar:

  1. wihh nice info, saya pengunjung setia web anda
    kunjung balik, di web kami banyak penawaran dan tips tentang kesehatan
    Ada artikel menarik tentang obat tradisional yang mampu menyembuhkan penyakit berat, cek yuk
    http://goldengamatemasmitoha.com/

    BalasHapus