Selasa, 06 Desember 2016

Makanan Penyebab Wasir

Ada banyak hal yang menjadi penyebab wasir/ambeien seperti kebiasaan buruk sehari-hari dan juga dari makakan penyebab wasir tersebut. Ada beberapa jenis makanan yang dapat menimbulkan wasir, lalu apa saja jenis makanan penyebab wasir itu????

Apa itu wasir??? Wasir atau ambeien adalah kondisi patologis membengkak atau meradangnya Hemorrhoid, struktur vaskular dalam saluran anus yang membantu kontrol buang air besar. Dalam kondisi fisiologisnya, bagian ini bertindak sebagai bantalan yang tersusun atas saluran arterio-vena dan jaringan ikat.


Gangguan wasir terjadi pada saat kamu duduk terlalu lama atau setelah buang air besar, pada ketika buang air besar keluar darah , dan biasanya rasa sakit di anus seperti ini terjadi pada saat buang air besar, dan rasa gatal pada anus dipicu oleh adanya infeksi dari luka pada pembuluh darah anus yang sudah pecah dan terdapat benjolan yang keluar dari anus.

Makanan Penyebab Wasir

Beikut ini adalah makanan-makanan penyebab wasir, diantaranya:
  • Buah Apel Hijau

Bagi seorang yang menderita wasir disarankan untuk menghindari makan buah apel hijau ini, karena buah apel hijau dapat memperburuk gejala wasir yang muncul. Tentunya hal ini didukung oleh adanya kandungan yang terdapat pada buah apel hijau ini. Apel hijau dikenal dengan mempunyai tingkat keasaman yang lebih tinggi dibandingkan dengan buah apel merah
  • Makanan Panas dan Berlemak

Sebaiknya jika kamu tidak ingin gangguan wasir ini menimpa sebaiknya hindarilah jenis makanan yang panas dan mengandung lemak. Karena makanan yang panas dan berlemak atau juga minyak dapat menyebabkan terjadinya sembelit dan pada akhirnya akan menimbulkan susah buang air besar. Dan bagi kamu yang menderita wasir sebaiknya menghindari makanan ini agar tidak memicu wasir yang kamu derita semakin parahdan jauhi mengkonsumsi makanan seperti makanan yang pedas, daging, jeroan, dan junk food.
  • Buah Jeruk
Buah jeruk sama halnya dengan buah apel hijau, buah jeruk juga mempunyai tingkat keasaman yang cukup tinggi yang dapat memicu wasir akan lebih parah dari sebelumnya.
Baca Juga : Cara Menyembuhkan Penyakit Wasir
  • Garam

Garam memang tidak secara langsung menyebabkan wasir ketika dikonsumsi dalam batas yang wajar. Tetapi bagi kamu yang menyukai rasa asin, mulai sekarang lebih baik perhatikanlah kadar garam yang masuk ke dalam tubuh kamu. Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung garam dapat menyebabkan menyusutnya cairan. Hal ini dapat menimbulkan pembengkakan pada pembuluh darah, termasuk juga yang ada di sekitar anus sehingga dapat membuat wasir lebih parah.

  • Produk Olahan Susu

Selain sulit dicerna, beberapa jenis produk olahan susu seperti keju dapat menyebabkan produksi gas di dalam pencernaan. Gas tersebut dapat menyebabkan kram perut dan rasa sakit yang parah. Makanan dari produk olahan susu dapat meninggalkan asam lemak di dalam usus yang dapat memicu konstipasi.

Itulah daftar makanan yang dapat menyebabkan wasir. Menjaga makanan yang kita konsumsi memang menjadi salah satu cara terbaik dalam menghindari berbagai penyakit. Ada beberapa cara lain yang dapat digunakan untuk mencegah terjadinya wasir. 

Posted By: Semut Sewot

Tidak ada komentar:

Posting Komentar